Monday 27 August 2012

Tape Ketan Hijau

Ini adalah salah satu virus yang menular dari rumah-rumah yang aku datangi untuk silaturahmi selama lebaran kmaren, hampir di smua rumah ada suguhan tape ketan, ada yang hitam n putih. Kebetulan nemu beras ketan sisa bikin lemper, ayoo ah bikin juga tape ketan. Tapi setelah dicuci n direndam ternyata masih banyak juga. Akirnya aku bagi dua, sebagian untuk lepet n sebagian untuk tape ketan hijau ini. Knapa hijau?? karena tiba-tiba ingat oleh-oleh khas kota Magelang, iya tape ketan yang diplastiki itu hehe..
Nahhh.. udah tiga hari diperam ragi, akirnya tapeku jadi..n ini dia hasilnya..




Cara bikinnya gampang lohh..bangettt..dapet resepnya dari NCC-Indonesia...

Bahan :
500gr beras ketan
1ltr air
2sdm pasta pandan, ato diganti jus pandan aja
400ml air
3ragi manis bulat
5sdm gula

Cara membuat
1. Buat jus pandannya dulu, dari daun pandan yang diblender dengan air kemudian saring..atau kalo pake pasta pandan langsung diencerkan dengan sdikit air.
2. Rendam beras ketan yang sudah dicuci dengan air jus pandan plus 1liter air, beri pewarna hijau kalo kurang mantab warnanya...better sih alami aja ya..hehe..Lama ngerendemnya semalaman
3. Rebus air sampai mendidih, kukus ketan sampai kepul-kepul. Angkat panci
4. Rebus 400ml air lagi, dan siram-siramkan merata diatas kukusan ketan
5. Kukus kembali kurleb 15menit, angkat dan biarkan dingin
6. Siapkan wadah beralas daun pisang dan ratakan ketan kemudian taburi ragi n gula, atas bawah ketan dibalik supaya rata raginya...tutup dengan daun pisang lagi
7. Biarkan 3hari, udah jadi dehhh

Waktu naburi ragi, ternyata aku lupa kasih gulanya..ehh ternyata hasil jadinya tetep manis legit..kok bisa ya???..enak banget nih, sama suami langsung dibikin es tape...hehe..terus kebayang mau bikin kreasi macem-macem dengan si tape hijau yang cantik ini..
Salah satunya es tape di pagi hari sambil ngemil mendoan..:))





1 comment:

cara membuat tape ketan said...

makasih gan resepnya, kapan-kapan dicoba