Tuesday 14 August 2012

Opor Ayam

Karena lebaran taun ini ga mudik, mau nyoba masak  ketupat opor ayam. Kebetulan nemu yang jualan ketupat di pasar. Beli seikat isi 5biji, sampe rumah terus nyuci beras n katanya mesti ditaburi sdikit air kapur sirih supaya ketupatnya jadi lebih cantik. Oya aku rebusnya pake panci presto 2x30menit...Pas dibuka sore harinya, hasil rebusan ketupat kurang memuaskan, sepertinya aku kurang penuh isi berasnya..
Untuk opor ayamnya, aku masak yang biasa aja..Pagi-pagi pulang dari uncle ayam, ayamnya terus dicuci n dilumuri jeruk nipis n garam. Terus ditiriskan dalam kulkas, siangnya baru dioven setengah matang n  sorenya baru dimasak. Ya begitulah kalo aku masak, mesti dicicil..karena kudu nemani evan bikin homework, antar jemput kerja-skolah, nyuci n ngurusi jemuran...hihi whats a life..couldnt imagine that I will through tz life journey. But am thankful anyway, Im just feel happier, powerful, that I can take care kiddo by myself n they grow up healthy, smart, alhamdulilah..
Yuukkk..kembali ke oooo..poooorr...


Kalo resep opor ayamnya pasti smua dah pada tau yaaa, secara masakan ini kan dah exist dari kita kecil..hehe..smua punya versi sesuai bumbu ibunya masing-masing kann..ada opor yang putih, opor yang kuning ada juga yang kemerahan krn dikasi cabe giling. Sedangkan yang aku masak kali ini adalah yang kuning karena pake kunyit.

Bahan :
1ekor ayam kampung, dipotong kecil, cuci bersih n lumuri garam, jeruk nipis
Lengkuas n sereh dikeprek
Daun jeruk  daun salam
Santan secukupnya

Bumbu halus :
Bawang merah
Bawang putih
Mrica n ktumbar
Jintan bubuk, sdikit aja
Kunyit
Jahe
Gula n garam

Cara membuat :
1. Oven ayam slama 30menit, atau boleh digoreng sbentar tapi aku ga suka krn jadi berminyak
2. Tumis bumbu halus sampai bener2 harum supaya ga langu, masukkan lengkuas, sereh, daun jeruk, daun salam
3. Masukkan santan, aduk rata, biarkan sebentar
4. Masukkan ayam, aduk rata n tutup panci, biarkan sampai masak
5. Aku selalu pake api kecil, supaya ga pecah santannya...atau kalo mau versi sehatnya..santan diperas pake air matang n dimasukkan saat terakir tanpa dimasak lagi.

Mudah banget ya...yukkk masak opor sore ini..hehe



No comments: