Friday 24 August 2012

Siomay Ikan

Pergi ke pasar hari5 lebaran..ternyata masih sepii, cek ke tempat ikan, yang jualan hanya beberapa aja..karena ga dapet tenggiri yang dicari, akirnya beli tuna n udang, lumayan harganya murah juga..Sekilo tuna dapat 2 ekor yang gemuk-gemuk. Sampai rumah, setelah dibersihkan, tetep nekat bikin siomay..kan sama-sama ikan ..ga ada tenggiri, tuna pun bolehlah yaa. Ikannya dihancurin pake garpu aja, gampang karena durinya juga besar-besar n ga banyak. Terus keluarin cetakan kue lumpang yang aku beli smalem di Giant..kecil-kecil imut pas banget buat nyetakin siomay. Kalo yang udah biasa sih pasti ga problem ya bikin siomay pake tangan.. ehh tunggu duluu..kulit siomaynya?..nyari-nyari dikulkas ktemu splastik dumpling pastry..bulet-bulet lagi..horee..sepertinya bakalan lancarrr..





Resep siomay aku contek n adaptasi dari web nya NCC-Indonesia

Bahan :
500gr ikan tenggiri atau tuna atau ikan lainnya, ambil dagingnya n lumatkan
2bawang merah n 2bawang putih, diparut
mrica bubuk
ebi bubuk, sebagai gantinya kaldu bubuk
300gr labu siam, diparut
tepung sagu secukupnya
1sdm minyak wijen
gula + garam
2butir telur,kocok
kulit siomay
sedikit wortel parut untuk hiasan

Cara membuat :
1. Campur smua bahan, n yang paling akir dicampurkan adalah labu kemudian sagu.
2. Siapkan kulit siomay, isi dan bentuk wiru, taburi atasnya dengan wortel parut
3. Kukus selama minimal 20menit atau sampai matang
4. Disajikan dengan pelengkap dan sambal siomay, bisa juga ditambah kecap manis

Pelengkapnya, kol kukus, kentang kukus n telur rebus, ada juga yang suka pake tahu n pare diisi adonan. Tapi aku ga pake karena ga nemu dipasar, penjualnya masih cuti kali ya. Terus untuk resepnya sambelnya juga mudah dibuat, yaitu campuran kacang sangrai dihaluskan, ubi merah dihaluskan, bawang putih parut, gula garam, dimasak n dikucuri jeruk nipis atau cuka juga boleh..
Wahh, ternyata smua suka, evanya pada abis 4 siomay sebelum pergi jemput papanya ke kantor. Tapi yang aku ga suka, warnanya kehitaman yaa..mungkin karena ikannya pake tuna, besok lagi coba pake tenggiri buat perbandingan apa hasilnya jadi lebih putih..

 
 
 



No comments: