Wednesday 15 August 2012

Es Merah Delima

Sekitar taun 2000-an..ada satu resto jepang di jakal.. dengan konsep menu mirip-mirip hokben. Aku sering banget kesana, bukan beli mealnya tapi beli es merah delima ..hehe..
kalo di KK sini sekarang nemunya resto jepang dengan menu kebanyakan sushi..n aku cari ga ada yang jual es merah delima. Jadi kalo mau makannya, ya harus bikin sendiri yaa..modalnya cuma bengkoang, bit,  nangka, n santen ato susu.



Resep es merah delima, aku ambil dari web NCC, n udah dimodifikasi sendiri yaa...

Bahan :
500 gr bengkuang, potong dadu
Bit, diblender n disaring atau pake pewarna merah
200gr gula pasir, aku pake 70gr saja
250ml air
1kg tepung sagu, aku sih seplastik kecil aja
2lt air untuk merebus
2lt air es untuk merendam
Santan, diperas pake air matang
Nangka, potong kecil-kecil panjang

Sirup gula, rebus-->600gr gula pasir dengan 500ml air dan daun pandan
 atau pake sirup udah jadi

Cara membuat :
1. Masak air dengan gula, masukkan bengkuang, rebus selama 10menit
2. Tiriskan bengkuang, kemudian aduk rata dengan bit atau pearna, sisihkan sampai mendapat warna yang diinginkan
3. Taburi sagu, ayak-ayak sampai tersalut rata
4. Didihkan air 2liter, masukkan bengkuang n rebus sampai mengapung
5. Angkat bengkuang n langsung masukkan dalam air es, tiriskan
6. Siap disajikan...

uyeeeeee...seneng banget, pas menikmatinya jadi sperti dejavu...teringat aja suasana resto jepangnya, tempat parkirnya..ahhhh meskipun selalu ada sedikit goresan nelangsa kalo ingat masa lalu....hihihi




No comments: