Friday 2 November 2012

Cake Ketan Hitam Kukus

Liat postingan mba Ummu di IDFB, yg bikin cake ketan hitam tanpa bahan addictive aku jadi mupeng. Masih punya beberapa  bungkus ketan hitam, aku liat-liat lagi tulisan di kemasannya..memang tepung pulut hitam..tapi knapa ya hasil bakingannya ga sehitam punya temen-temen. Trus jadi kepikiran besok kalo mudik mau bikin tepung ketan hitam ahh, dekat rumah ada tempat gilingan tepung...hehe..
Proses bakingnya sendiri emang ga ada tambahan food addictive, seperti baking powder, baking soda, emulisifier, dll. Trus tepungnya juga pake tepung ketan hitam yang termasuk gluten free (bener ga sih??..) aku kok jadi bingung karena di bungkusnya aja bilangnya glutinous rice :)..eits ada lagi yang special, lemaknya tidak pake margarin tapi pake minyak kelapa..iyaa..aku nemu minyak kelapa di pasar, sebotol kecil 5ringgit..hmm mahal juga yaa. Well gapapa..skalian nyobain rasanya, ada perbedaan ga kalo dibanding minyak goreng biasa.
Terus gimana cake bisa ngembang tanpa emulsifier?..ga takut bantet?? hehe..yang jadi kunci membuat cakenya berhasil ngembang adalah proses ngocok telurnya sengaja dibuat diatas air hangat..jadi pake dua wadah gitu..n bener-bener hasilnya mengembang sempurna, lembut, empuk, sangat memuaskannnn..thanks mba Ummu..n smoga ini adalah termasuk healthy cake ya..



Bahan :
100gr tepung ketan hitam
4butir telur
60gr brown sugar (aslinya 100gr gula putih)
100ml minyak klapa (aslinya 100gr mentega leleh atau 10ml minyak goreng)

Cara membuat :
1. Sediakan 2 wadah besar n kecil, isi wadah besar dengan air panas, smentara wadah kecil untuk mengocok adonan
2. Tempatkan wadah kocokan sehingga menyentuh permukaan air panas, kemudian kocok telur dari kecepatan minimum hingga sedang
3. Masukkan gula sedikit2 sambil terus dikocok sehingga mengembang pucat
4. Teruskan mengocok di luar wadah air panas sampai kental berjejak
5. Masukkan tepung ketan hitam dan aduk perlahan merata
6. Tuang minyak kelapa sedikit-sedikit sambil di aduk balik
7. Kukus dalam loyang sudah dialasi kertas roti dan gunakan api sedang

Awesome..cake yang lembut, legit n unik ini bisa dibuat dengan lancar n hasil yang memuaskan..skali lagi makasih ya Ummu

sumber : Ummu Fatima




No comments: