Friday 9 November 2012

Brownies Kukus Putih Telur Lapis Keju

Lagi seneng bikin cake kukus, gara-gara nemu tutup panci yang cembung n pas banget buat panci besarku. Sbelumnya slalu kesulitan bikin cake kukus karena loyang cakenya slalu ketinggian sehingga tutupnya ga bisa rapet. Nah..kbetulan pas jalan ke satu spm, aku nemu tutup panci dengan harga ekonomis n sukanya lagi ga perlu repot-repot bungkus-bungkus pake serbet kayak biasanya..topppp!
Sedangkan proyek resep yang diujicoba kali ini aku ambil dari bukunya Wied Harry, n sngaja nyari yang pake putih telur karena punya banyak putel hasil bikin bolu gulung (yang gagal lageee...hehe)



Resep :
100gr tepung trigu
25gr coklat bubuk
75gr milk choco cooking
100gr minyak klapa
150gr putih telur
150r gula pasir
50gr kurma, kismis ato sultana
3lembar keju lembaran
100gr keju chedar parut

Cara membuat :
1. Cincang kurma/kismis n taburi trigu, sisihkan
2. Siapkan loyang, dioles minyak goreng tipis-tipis n alasi kertas roti
3. Serut MCC n tim sampai mencair kemudian diaduk dengan minyak goreng, sisihkan
4. Campur dan ayak tepung n coklat bubuk
5. Kocok putih telur sambil menembang, kemudian masukkan gula secara bertahap
6. Teruskan mengocok sampai kental (tandanya adalah adonan tidak jatuh ketika wadah dibalikkan)
7. Matikan mixer, masukkan tepung dan diaduk perlahan saja, masukkan campuran MCC ambil diaduk lipat balik, trakir masukkan kismis
8. Tuangkan 1/3 bagian adonan ke dalam loyang kemudian kukus slama 5menit, beri keju slice dan kembali tuang 1/3 adonan brownies. Ulang proses ini dan teruskan mengukus sampai matang (15-20menit)
9. Bila sudah matang biarkan dingin n baru taburi keju parut

Aww..aww..aku lupa tuh yang proses 1/3adonan n lapisan keju..yang aku lakukan adalah menuang smua adonan hehehe..gini deh kalo ga konsen baca resepnya jadi ada aja yang salah step-stepnya. 
Meskipun demikian, brwonies putel ini aku kategorikan sukses, teksturnya moist, wangi enak minyak klapa n jadi gurih pas dimakan ..tentunya karena ada parutan kejunya..nahh yukk nyoba kawans :)

            :.dibuang sayang.: ini little food stylish lagi ngehias browniesnya, ehhh ada juga keju yang      mampir dicemilin..hihihi


sumber : Healthy Brownies Kukus&Panggang by Wied Harry

No comments: