Sunday 18 December 2011

Nugget Tahu

Duluuu...tahu jarang skali masuk daftar belanjaanku..slain mati gaya mau dimasak apa..si tahu juga kurang mempunyai peminat di rumah...tapi sekarang lain, stelah nyoba bikin nugget tahu ini skali, langsung jadi favorit serumah. Sebagai campuran adonan nugget pun bisa fleksibel boleh daging ikan, ayam, daging, ato polosan aja...yg lebih penting lagi krn yakin nuggetnya sehat alami dan tanpa pengawet




 Bahan 

400 g tahu putih
100 g daging ikan/ayam/sapi giling
4 butir telur
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk, bila suka
75 g keju cheddar parut
50 g bawang bombai, cincang
3 siung bawang putih, cincang
2 sdm minyak goreng, untuk menumis
minyak goreng untuk mengoles loyang dan menggoreng

Pelapis:

100 g tepung terigu protein rendah, contoh cap Kunci Biru
3 butir telur, kocok hingga rata
200 g tepung roti/breadcrumbs

1. Panaskan 2 sdm minyak goreng dalam di atas api sedang. Masukkan bawang bombai dan bawang putih, tumis hingga harum, angkat. Sisihkan hingga dingin.
2. Masukkan tumisan ke dalam mangkuk blender. Tambahkan tahu, daging giling, telur, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan keju. Proses blender hingga seluruh bahan lumat.
3. Olesi loyang 20x20x3 cm dengan minyak goreng. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan. Tekan-tekan sedikit. Panaskan dalam dandang berisi air sudah mendidih. Masak 20 menit, angkat. Sisihkan hingga dingin.
4. Lepaskan nugget dari cetakan. Potong-potong jadi 60. Gulingkan dalam tepung terigu, lalu celupkan dalam telur kocok. Gulingkan merata dalam tepung roti.
5. Masukkan nugget ke dalam wadah tertutup, simpan dalam freezer.
6. Ambil seperlunya, goreng terendam dalam minyak goreng panas di atas api sedang hingga kecokelatan, tiriskan