Saturday 4 August 2012

Bandeng Presto

Ikan bandeng yang ada di sini adalah ikan bandeng laut, n biasa disebutnya ikan baulu. Harganya relatif lebih murah daripada ikan-ikan lainnya. Penjualnya juga biasanya menawari kalo mau dicabut tulang/duri tengahnya. Tapi karena mau dibuat bandeng presto..aku cuma minta buang kepala n potong-potong ikannya untuk menyesuaikan dengan panci prestoku yang mungil.




Resep bandeng presto yang aku contek dari blog dapoerkoe karya mba Freeyanti Inev.

Bahan :
3ekor/1kg bandeng, dibersihkan termasuk bagian hitam-hitam di perutnya supaya tidak pahit.
1jeruk nipis
1sdm ragi tape, haluskan
10bawang putih
5cm kunyit
2sdm garam
1sdt gula
6lembar daun salam
6batang sereh yang digeprek
10cm lengkuas dipotong-potong n digeprek
daun pisang 
1btr telur dikocok lepas untuk menggoreng

Cara membuat :
1. Potong-potong ikan bandeng sesuai selera, lumuri dengan jeruk nipis dan ragi. Biarkan di kulkas 
    15menit
2. Haluskan bumbu-bumbu kecuali daunsalam, lengkuas dan sereh
3. Lumurkan ikan bandeng  dengan bumbu halus, simpan di kulkas minimal 2jam
4. Siapkan panci presto, isi air setinggi kukusan letakkan kukusan dan alasi dengan daun pisang
5. Susun daun salam, sereh, lengkuas kemudian bandeng
6. Tutup dengan daun pisang dan ulang proses susunan
7. Presto selama 30menit, cek ulang bila mulai asat tambahakan air dan teruskan presto 30menit
8. Ikan bandeng presto siap digoreng dengan terlebih dahulu dicelupkan kocokan telur

Sebenarnya dulu-dulu aku pernah membuat bandeng presto, tapi sepertinya hasilnya kurang memuaskan..setelah dievaluasi...jiahhhh..ternyata kesalahanku pada proses presto. Artinya ikan bandengnya aku rebus..xixixi..nahhh sekarang aku ikuti resepnya mba Inev yang dikukus..tapiii prestoku ga ada kukusanya..jadi???..aku pake panci kecilnya presto itu tapi dibalik jadi dah mirip-irip kukusan lahh..alhamdulillah hasilnya memuaskannnn..hehehheh
Many thanks to mba Inev





No comments: