Monday, 9 February 2015

SENTILING / LAPIS SINGKONG

Bismillahirohmanirohim

Beberapa hari disibukan dengan pesenan jajan pasar .. membuat gethuk, talam, sus isi vla, macem-macem deh. Alhamdulillah buat hiburan disela-sela rutinitas kerjaan IRT.
Khusus gethuk ini, menjadi tantangan tersendiri..meskipun membuatnya mudah namun bahan bakunya syusyahh benerr. Beberapa kali pernah beli singkong pasti dapet yang ga layak makan..hehe
Untuk meminimalisir stress kalo singkongnya pada jelek-jelek, aku sengaja beli buanyakkk. 5kilo haha.. alhamdulillah dikupas dan dikukus ternyata masih sisa lumayan banyak..lagi beruntung nih

Nah sisa singkong nya kudu segera diolah  supaya ga keburu berjamur busuk. Mencari resep yang simple ..akhirnya jatuh pilihan membuat sentiling atau lapis singkong. Belum pernah bikin, tapi kayaknya aku feeling mestilah jajanan ini uenakkk bangettt






Resep :
500 gr singkong yang udah diparut (boleh kasar boleh lembut)
1/2 bungkus agar-agar powder (swalow tuh)
100gr gula kastor (gula putih yang lembut)
sejimpit garam dan vanili bubuk
pewarna makanan

Untuk urap kelapanya :
*100gr kelapa parut muda
*sejimpit garam halus

Cara membuat :
1. Campurkan semua bahan lapis singkong
2. Bagi menjadi 2 atau 3 bagian sama banyak, kemudian beri pewarna sesuai selera
3. Panaskan kukusan, siapkan loyangnya dengan mengolesi pake minyak goreng
4. Ambil satu bagian lapis singkong, ratakan dalam loyang dan kukus selama 10menit
5. Lapiskan adonan warna  berikutnya, kukus lagi 10menit
6. Bila sudah habis adonan, kukus untuk 30menit berikutnya
7. Untuk urap, campurkan bahan urap kemudian bungkus daun pisang, dan ikut kukus bersama-sama lapis singkong
8. Tunggu lapisnya hangat kemudia potong-potong dan taburi dengan urap kelapa

Subhanallah, rasanya membuatku bahagia bangett loh. Enak dan lembut, wangi dan manisnya pass
Yuk hunting singkong lagihhh

Saturday, 24 January 2015

KBB#44 Pisang Molen (khas Indonesia)

Bismillahirohmanirohim

Ini adalah entree aku untuk event KBB#44 Pisang Molen. Alhamdulillah lancar, cepet n ga repot. Hanya saja kurang puas dengan teknik ngovennya..karena permukaannya keliatan pucet bgini
..

 Resep
KBB#44 Pisang Molen (khas Indonesia)
By Ariesta Mikdar Gunawan

Bahan kulit A
100gr tepung trigu all purpose
1sdm minyak goreng
80gr margarin
Bahan kulit B
300gr tepung trigu all purpose
50gr gula halus/gula kastor
100gr margarin
100ml air dingin dari kulkas
1/4sdt garam halus
1/4sdt vanili bubuk
Bahan isian
10buah pisang raja/pisang tanduk yang manis, kukus dan potong melintang 4cm kemudian belah menjadi 2
100gr keju cheddar potong memanjang menjadi seukuran pisang sebanyak 20buah
50gr coklat beras/messes

Bahan olesan :
1butir kuning telur
1sdm mentega cair
Cara membuat :
1. Buat adonan kulit A, yaitu campur smua bahan dan aduk dengan spatula/sendok kayu sampai merata kemudian bagi menjadi 20, bulatkan
2. Buat adonan kulit B, sama campurkan smua bahan kemudian uleni sampai kalis dan bagi menjadi 20bagian, bulatkan
3. Ambil 1 adonan B, gilas agak tipis menjadi segiempat, letakkan 1adonan A diatasnya. Lipat seperti amplop sehingga A tertutup kemudian rapihkan menjadi bulat kembali. Lakukan untuk kesemua 20adonan
4. Ambil 1 adonan (gabungan A dan B tersebut) dan tipiskan lagi menjadi persegi panjang, gulung/lipat ke dalam dari sisi yang pendek, gilas tipis lagi, dan ulang  hingga  3 kali proses.   Kerjakan smua adonan dan akhiri dengan bentuk gulungan/lipatan. Biarkan beristirahat kurang lebih 30menit
5. Sementara itu panaskan oven pada suhu 180C dan siapkan loyang, poles dengan margarin, beri kertas dan poles lagi
6. Ambil 1 gulungan adonan yang telah diistirahatkan, buka gulungan/lipatannya, gilas tipis menjadi segiempat samasisi. Letakkan sepotong pisang, messes, keju dan tutup dengan pisang lagi. Lipat seperti amplop  atau martabak telur mini. Kerjakan sampai habis adonan, kemudian oles permukaannya dengan kuning telur
7. Panggang selama kurang lebih 60menit, sesaat setelah matang, poles pisang molen dengan mentega cair tipis-tipis
8. Siap difoto dan dilaporkan, dan tentunya dinikmati bersama keluarga ya..:D

 

Wednesday, 26 November 2014

Mexican Buns aka Roti Boy for KBB#43

Bismillahirohmanirohim

Tarik napas dalam-dalam...what a hectic day, baru kmaren spread surtjin dan sekarang udah mau due date pengumpulan laporan
Oya..KBB 43 ini juga menandai diriku jadi host tetap event KBB, eh masih ga bisa percaya bagaimana mungkin founder Mba Arfi bisa percaya sama aku yah..hehe
Diawali dengan kesalahan sana sini, at least I still have that spirit to try the best n do the best  almost perfectionist huh..

Well, what we make for the chalenge KBB43? It is called mexican buns as known as roti boy. This roti boy once ever made some of us take a very long line in their bakery... haha. Yes, I admit it, in a few years ago I could be so patient waiting for my turn to take them home.

And here it is, my entree Mexican buns aka roti boy. I have finished them during my busy day.









Mexican Buns aka Rotiboy
sumber : adaptasi dari The Fresh Loaf dan Wendy Kor Baking Recipes


Adonan 1 - tangzhong/water roux
20 gr   tepung protein tinggi
100 gr susu segar
* Aduk rata, kemudian masak diatas api kecil sampai terbentuk garis2 mengikut adukan sendok, suhunya kurang lebih 65derajat celcius.. dan ingat jangan sampai mendidih ya.
*Sisihkan, tutup dengan cling wrap hingga tersentuh permukaannya supaya tidak mengering membentuk kerak


Adonan 2: Buns
380 gr tepung protein tinggi
200 gr susu segar, suhu agak hangat
40 gr gula pasir
50 gr telur, kocok lepas
4 gr instant yis
6 gr garam halus
40 gr unsalted butter
keseluruhan adonan tangzhong
 
Cara membuat :
1. Campurkan kesemua bahan kering kemudian tuang adonan tangzhong kedalamnya, aduk dengan mixer sampai tercampur rata
2. Masukkan butter dan teruskan mengaduk, sehingga adonan menjadi kalis
3. Dapat juga diteruskan dengan menguleni manual, sampai adonan kalis elastis. Adonan buns yang kalis elastis ini akan menentukan kualitas hasil rotinya.
4. Bulatkan dan simpan dalam bowl yang sudah dioles sedikit butter/olive oil, tutup dengan lap lembab bersih dan biarkan rehat kurang lebih 40-60menit atau sampai double size
5. Kempiskan adonan, kemudian timbang masing-masing 55gram dan biarkan 10menit
6. Giling dengan bantuan rolling pin, kemudian beri filling, kunci dan bulatkan kembali. 
7. Letakkan di atas loyang dan biarkan berehat lagi selama 40menit 
8. Sementara preheat oven pada suhu 190C,  semprotkan topping ke atas bun membentuk lingkaran obat nyamuk, dan panggang pada suhu selama 15-20menit
 
Filling:
200 gr butter beku, potong kotak dengan ukuran 2x2x1cm, 
 
Topping:
50 gr unsalted butter, lembutkan
50 gr gula pasir
50 gr telur, kocok lepas
70 gr all purpose flour
Coffee / mocha essence secukupnya
**note: essence bisa  diganti dengan membuat campuran  1sdt kopi instant+sedikit air
 
Cara membuat topping :
Kocok butter dan gula hingga creamy, kemudian masukkan telur dan teruskan mengocok. 
Masukkan tepung terigu, dan tambahkan essence coffee/mocha lalu aduk merata, 
Masukkan kedalam piping bag
Siap digunakan dan bisa disimpan di icebox hingga 2hari

Untuk proses baking, sedikit kesulitan ketika nguleni adonan yang udah tercampur tangzhong. Tetapi dengan kesabaran ..akhirnya adonan bisa kalis dan bisa dibentuk dengan mudah. Tipsnya adalah olesi permukaan tangan dengan sedikit butter, itu sangat-sangat membantu membentuk calon roti boy sehingga bulat sempurna
Kalo adonan kalis, dijamin hasil akhirnya adalah empuk kempus-kempus.. nyam ..nyamm


 
 

Saturday, 25 October 2014

Nasi Ayam


Bismillahirohmanirohim

Hai hai hai.. ikutan event Masak Bareng Yuk..kuliner malaysia temanya. uhh udah jepret-jepret masakan macem-macem..tapi kok ya ndak pernah sempat ngeblog yah. Udah gitu internet bener-bener bikin tekanan darah tinggi hihihi
Okeh cekidot yang ini dulu ajalah..kalo kepanjangan basa basi ..internet keburu mateeee.. Ini adalah nasi ayam malaysia. Yang banyakk banget dijual dimerata-rata shopping centre..


Resep ayam
Bahan :
1ekor ayam ..dipotong jadi 4 atau sesuai selera
Jahe keprek
Bawang putih keprek
Garam
Air untuk merebus


Saus tiram
Kecap manis
Merica
sedikit butter
Semua diaduk


Cara membuat :
1. Rebus ayam dengan bumbu rebusan sampai setengah masak, angkat dan tiriskan
2. Oles dengan campuran saus kemudia bungkus alumunium foil, biarkan meresap
3. Oven kurang lebih 30-40 menit sambil diulang memoleskan sausnya


Resep nasi hainan :
Beras, dicuci bersih
air kaldu sisa rebusan ayam, disaring
serai, lengkuas, dan sedikit garam


Masak nasi seperti biasa dengan rice cooker
Boleh juga pake bumbu instant nasi hainan


Untuk pelengkap :
Air kaldu sisa rebusan ayam
Sos dari memanggang ayam

Irisan ketimun
Sambal



Saturday, 20 September 2014

KBB#42 Genoise

Bismillahirohmanirohim

Yuk ahh ngeblog lagii..hmm sungguh-sungguh merasa beratt kalo mau ngeblog ya. begitu banyak proses yang harus dilalui sampai dengan tahap *publish*. Apakah juga faktor usia yang semakin menua?? hahaha
Dan ngomongin usia, posting kali ini adalah perayaan  bertambahnya usia KBB. Artinya dah dua kali ultah ya aku ikutin event-nya. Alhamdulillah tambah banyak ilmunya..smakin aneh-aneh resep yang harus dieksekusi, smakin menambah pengetahuan. 
Seperti halnya resep kali ini adalah bikin GENOISE ..apaan tuhhh. Genoise semacam sponge cake, aslinya dari Italia.. rada-rada berhubungan dengan Genoa ya. Karena bersifat tradisional, genoise ini minim banget bahan-bahan kimia pengembang kue. Mengandalkan proses pengocokan telur diatas air panas, membuat adonan bisa mengembang sempurna seperti kalo kita pakai sp ovalet, baking powder dan lain lainnya.


 Resep lengkapnya dari mba Emma Isti :


Genoise Cake
sumber: Emma Isti

I. Chocolate Genoise
Bahan :
3 putih telur
6 kuning telur
115 gr gula kastor
40 gr terigu
40 gr coklat bubuk
50 gr mentega leleh hangat
1 sdt vanilla ekstrak

II. FILLING/FROSTING

White chocolate cheese frosting

Bahan :
200 gr white chocolate
200 gr cream cheese
250 gr mascarpone cheese
100 gr mentega tawar
100-125 gr icing sugar
1 sdt vanilla
75 gr coklat pekat parut bekukan sebentar*
75 gr Strawberry potong kecil/slice*


Caramel syrup
100-125 ml air hangat
100 gr gula pasir

Perasa kopi*
4 sdt kopi instant
2 sdm air hangat

III. GARNISH
Sabuk coklat/Lace chocolate wraps:
200 gr coklat pekat (dark chocolate)/white chocolate
Paper cone/plastic piping
100 gr Fresh strawberry
Chocolate curl/cigarette


  1. Panaskan oven 180 C. siapkan loyang bulat ukuran 20 -22 cm, olesi minyak/mentega, alasi bagian bawahnya dgn kertas roti/anti lengket.
  2. Campur terigu dan coklat bubuk ayak 2-3 kali, sisihkan
  3. Lelehkan mentega hingga terlihat minyak bening agak sedikit kecoklatan dengan endapan dibawah, saring dan sisihkan.
  4. Panaskan air hingga mendidih, kecilkan api dan jaga air tetap panas, gunakan panci yang sedkit lebih kecil dari wadah kocokan telur.
  5. Putih dan kuning telur dipisah. masukan putih telur kocok hingga berbuih, tambahkan gula sedikit demi sedikit sampai gula habis dan larut, kocok dengan kecepatan tinggi hingga soft peak. Masukan kuning telur satu persatu, dan lanjutkan ke tahap 6-10
  6. Pindahkan dari panci bain marie tadi, kemudian lanjutkan mengocok dengan kecepatan tinggi hingga putih dan kental (jika diangkat tidak mudah meluncur/sudah berjejak seperti pita), kemudian turunkan kecepatan kocok kembali kurang lebih 3 menit .
  7. Masukan campuran terigu dan bubuk coklat bertahap 2-3 kali, aduk rata,
  8. Ambil sedikit adonan ,campur dengan mentega yang sudah dilelehkan kemudian aduk rata dan campurkan kembali ke dalam adonan . Aduk dan pastikan hingga semua tercampur rata.
  9. Tuang ke dalam loyang, bake selama 25-30 menit hingga permukaannya kecoklatan dan bagian kue pinggir mulai lepas.
  10. Keluarkan dari oven, balikkan loyang dan dinginkan sebentar. Lepaskan kue dari loyang dengan bantuan pisau mengelilingi sisi loyang kemudian lepaskan juga kertas pada bagian bawah kue.

FILLING

  1. Lelehkan coklat putih, sisihkan
  2. Kocok cream cheese dan mentega (dalam keadaan lunak/lembek)
  3. Tambahkan coklat leleh, gula halus, keju mascarpone dan vanilla ,kocok terus hingga tercampur rata dan creamy.

Caramel syrup:
  1. Panaskan panci, kemudian masukan gula, biarkan gula larut kemudian aduk hingga semua larut dan berwarna kecoklatan. Angkat panci dari api, tuang air panas perlahan, hati2 saat menuangkan air. Kemudian aduk rata dan panaskan kembali hingga semua gula larut , tidak ada gula yang menggumpal, tambahkan vanilla.


Sabuk Coklat/Lace Chocolate Wrap

  1. Potong coklat kecil-kecil, tim dan aduk sesekali hingga semua coklat leleh.
  2. Siapkan mika ring cake atau parchment paper, ukuran disesuaikan dengan keliling dan tinggi cake, lebihkan 2 cm untuk keliling cake dan 1cm untuk tingginya. Panjang sabuk kira-kira 65 cm untuk loyang 20 dan 72 cm untuk loyang 22. Tinggi sabuk disesuaikan dengan tinggi cake hasil masing-masing.
  3. Siapkan pola lace, atau langsung gambar pada parchment paper, dibagian yang tidak licin.
  4. Tuang coklat leleh dalam paper cone atau piping plastic, gunting sedikit ujungnya.
  5. Bila menggunakan mika plastik, gunakan double tape untuk lekatkan pola pada plastik. Sedangkan untuk parchment paper, gunakan sisi yang licin atau yang tidak digambar.
  6. Aplikasikan coklat sesuai pola. Agar hasilnya cantik, tebalkan karakter gambar yang akan ditonjolkan terlebih dahulu, kemudian rekatkan dengan garis lurus, lengkung sebagai penghubung. Seluruh garis dan bentuk gambar harus saling terkait, agar sabuk tidak mudah patah.
  7. Saat setengah set, tempelkan sabuk coklat disekeliling cake. Pastikan semua tertempel pada dinding cake

Assemble Cake

  1. Potong genoise menjadi 2 lapisan. Timbang cheese frosting @ 250 gr untuk filling.
  2. Masukan 1 lapisan genoise ke dalam cake ring (bisa juga spring form), perciki dengan karamel sirup, jika suka aroma kopi bisa tambahkan kopi yang sudah dilarutkan dengan air.
  3. Tambahkan frosting tadi pada lapisan genoise ratakan dengan spatula atau spuit dengan piping bag. Taburi dengan coklat parut yang sudah dibekukan atau potongan strawberry (sesuai selera).
  4. Tutup dengan lapisan genoise kembali, dinginkan 30 menit agar frosting lebih kokoh.
  5. Lepaskan ring, tutup semua permukaan kue dengan sisa frosting. Ini juga bisa dilakukan bertahap, oleskan tipis seluruh cake. Dinginkan kembali kira-kira 10 menit, kemudian oleskan kembali hingga seluruh cake tertutup merata dengan frosting.
  6. Tempelkan sabuk coklat yang sudah setengah ngeset, mengelilingi cakes sampai batas titik awal sabuk ditempelkan. Biarkan sisa kelebihan wrap terlepas, agar mudah melepaskan coklat nantinya.
  7. Spuit keliling pinggir permukaan kue dengan sisa frosting. Taburi coklat serut/chocolate cigarette/curl atau sebagian buah strawberry yang dicelup dengan coklat
  8. Dinginkan, kemudian lepaskan kertas/plastik sabuk coklat dengan hati-hati. Potong dengan pisau panas sisa sabuk coklat yang menempel menutupi kertas/plastik sabuk saat pertama di tempelkan. Jika kertas/plastic sudah terlepas, tutup bagian coklat yang terkelupas atau rusak dengan coklat cair.
  9. Lepaskan cake dari ring/spring form bila menggunakan , chocolate genoise with cheese frosting siap dinikmati.


Catatan :
  1. Gunakan tepung protein rendah, cookies & cake flour (di Indonesia kunci biru salah satunya)
  2. Gunakan coklat yang sudah diproses (Dutch processed cocoa), jika menggunakan natural cocoa powder, sebaiknya dilarutkan dengan air hangat dan dicampurkan dengan mentega leleh, baru kemudian di campur ke dalam adonan.
  3. Untuk menghindari penggumpalan, sebaiknya bubuk kakao dan tepung diayak beberapa kali.
  4. Dalam panci bain marie didihkan air kemudian kecilkan api dan jaga air tetap panas walau tidak harus mendidih lagi.
  5. Bila tidak ada gula kastor, bisa digantikan dengan gula pasir biasa.
  6. Untuk Frosting, cream cheese dan mentega sebaiknya dalam agak lunak.
  7. Jika mascarpone sulit didapat, bisa dipakai cream cheese seluruhnya.
  8. Gunakan Baloon Whisk /spatula /scraper yang besar agar lebih merata dan mempercepat proses pengadukan, sehingga adonan tidak banyak turun karena terlalu lama proses pengadukan.
  9. Cake ring / spring form cake saat pelapisan cake dengan frosting dipakai untuk memudahkan dan menghasilkan lapisan yang rapi saja, jika tidak ada bisa diabaikan.
  10. Untuk membuat sabuk coklat, diperlukan area yang luas, jika tempat tidak memungkinkan plastik mika/parchment paper bisa dibagi 2 sebelum di gambarkan pola lace dengan coklat.

Alhamdulillah..lunas sudah janji bakti..halah..sudah setor n dapet logo lulus. Happy birthday KBB ke 7. Tetap memberi ilmu-ilmu baru sehingga aku tambah pinter n punya alasan untuk update blog.



Sunday, 27 July 2014

Kurtos Kalacs for KBB#41

Bismillahirohmanirohim

Bikin kurtos kalacs adalah tantangan KBB ke 41.. yeayy sukaa sukaa. Apaan sih kurtos kalacs? Roti ini aku ktemunya pas jalan ke KL..di foodcourtnya  Suria KLCC. Pertama kesitu ternyata ditolak ikut antri.. katanya dah ga keburu alias terlalu panjang antriannya. Okee..besoknya aku kesitu lagi ternyata masih sepi..hehe. Yang bikin tertarik adalah sistem open kitchen..sehingga bisa lihat aktivitas bikin rotinya..dari mlintir-mlintir sampai dioven dan lanjut finishingnya yaitu dioles topping sesuai pesanan.
Dann..ternyata rasa penasaran terjawab..roti unik ini ueanakkk..hiks..nyesel kenapa cuma beli satu

Darimana asal muasal si KK? Ternyata datangnya dari Hungaria, kurtos ini bahasa sana yang artinya cerobong ..karena bentuknya yang kayak cerobong asap. Diluar roti bisa dibiarkan polos aja ataupun dioles aneka topping sebagaimana roti biasa.



Resep Kurtos Kalacs sesuai surtjin dr milis 
sourc
Kristy

Bahan :
500gr bread flour
200ml susu hangat
3sdm gula
2sdm ragi
2butir telur
5sdm corn oil
1/3sdt garam

Cara menyiapkan alat :
* rolling pin dibungkus dengan alumunium foil, lalu dibungkus dengan kertas roti
* baking tray disiapkan sehingga bisa untuk menempatkan roling pin tanpa takut menggelinding
* aku pake karton roll yang ada di dalam tissue roll yang dibungkus alumunium foil juga 

Cara membuat kurtos kalacs :
  1. Campurkan susu, gula dan ragi selama 5menit hingga berbuih
  2. Dalam mangkuk yang berbeda, campurkan bahan tepung dan garam secara merata
  3. Buat lubang detengah tepung, tambahkan minyak, telur dan campuran susu
  4. Aduk rata, kemudian uleni sampai adonan terasa lembut, apabila adonan melekat, janganlah tambahkan tepung, tetapi teteskan minyak
  5. Biarkan fermentasi selama 1jam
  6. Pindah ke atas meja, dan uleni kembali sampai lembut, bagikan menjadi 6bulatan
  7. Buat masing-masing menjadi roll sekecil mungkin, kemudian lilitkan ke rolling pin
  8. Putar dan sedikit ditekan ke atas meja yang telah ditaburi gula
  9. Oven dengan suhu 200 C sampai matang
  10. Beri topping sesuai selera atau biarkan polos
Nah, jadilah sudah kurtos kalacs ku, memang belum puas karena belum bisa menyerupai KK yang aku beli di KL. tapi setidaknya udah tau step by stepnya, next time kalo ada mood mau coba lagi lahya.