Saturday 10 November 2012

Es Coklat

Beberapa waktu lalu ada pameran produk-produk kerajinan yang pesertanya dari south east asia. Dari Indonesia pun ada n bawa krudung-krudung yang lagi trend di FB. Pas mau pulang kita mampir ke booth yang jualan aneka produk cocoa, ada permen-permen coklat, bahan-bahan kue, n yang menarik pengen dibeli adalah  bubuk puding instant. Waktu nyobain disana hasil pudingnya enak padet, nyoklat banget..so kami beli juga sebungkus. Sekotak kemasan ternyata hasil jadinya banyak banget, seloyang udah cukup buat cemilan Evanya..n masih ada seloyang lagi..duhh mesti di siasati biar ga berakir di tempat sampah.
Akirnya dibuatlah es coklat yang aku pernah liat resepnya di majalah Santap. Cuma modal puding coklat yang dipotong-potong dadu n sirup coklat yang dibuat dari coklat bubuk n susu evaporated.


Resep sirup coklatnya begini yah
600ml susu evaporated 
150gr coklat bubuk
100gr brown sugar (aslinya 200gr gula pasir)

Semua bahan dicampur terus dimasak sampai mendidih, kemudian dinginkan.
Penyajiannya kita tinggal potong-potong pudingnya, dikasi sirup n es batu. Oya diresep aslinya, es coklat ini dikasi kahlua atau rhum..tapi karena tau ga halal..so aku skip aja kahlua-nya.
Sekedar info juga, hasil jadi sirupnya terlalu pekat kalo buat anak-anak..so aku encerin lagi pake air matang ..n besok-besok kalo bikin lagi, better bubuk coklatnya pake setengahnya aja. 



sumber : Es Coklat Kahlua from Majalah Santap

No comments: