Wednesday 10 October 2012

Empal Gepuk

Untuk lauk hari ini aku bikin empal gepuk daging..melihat penampakannya di tabloid Koki..waduhh ngiler netes-netes..hehe..cocok banget lagi buat temennya karedok..
Oya pernah skali dulu pas pergi ke Bandung, kami beli empal gepuk di kedai nyonya siapaaa gitu, ada yang rasa pedas n original, empalnya tipiss, empuk, n ditusuk-tusuk lidi juga...uewenakk duweh. Nyoba bikin sendiri ga bisa serapih itu. Kalo terlalu tipis jadi hancur, kalo tebal jadi alot...hehe
Lain lagi kisah si empal yang dulu suka jadi jajanan masa di Jogja, yaitu lesehan cak koting, empalnya tebell, sambelnya mantabbb, harganya masi bersahabat juga buat mahasiswa...dulu itu tempat larisss banget, ngantrinya lamaaa, n nagihh, pengen kesana-sana lagi gitu. Tapi ya..beberapa kali mudik ini kok ga minat mampir sana, karena sekarang ga lesehan lagi diluar atau karena ga kepikiran kesana ya?..ahh besok kalo mudik bulan depan mau kesana lahh..
Nahh, kalo yang ini empal daging hasil gepukanku haha..yuk cekidottt..


Bahan :
500gr daging, rebus
400ml santan (aku ga pake)
1ltr air kaldu
daun salam
lengkuas, keprek
air asam jawa
minyak goreng

Bumbu halus :
5butir bawang merah
3butir bawang putih
2sdm ktumbar sangrai
25gr gula merah sisir
gula garam

Cara membuat :
1. Potong-potong daging rebus, kemudian tusuk dengan lidi dan gepuk sampai agak tipis
2. Campur smua bumbu kedalam kaldu, didihkan kemudian masukan daging
3. Biarkan sampai air menyusut dan bumbu meresap
4. Goreng empal atau digril dengan sdikit minyak aja

Hmm, karena males menggoreng deep friying, aku grill empalnya, tetep enak sih, karena sambil dipoles-poles bumbunya, trus pas udah pindah ke piring juga aku siram bumbunya lagi..nyem nyemmm ..ga usah pake nasi, mam pake sayuran yang banyak, biar ngimbangi lemaknya..hehe..



No comments: