Wednesday 20 March 2013

Chocolate Hokkaido Chiffon Cupcakes

Bismilahiromanirohim

Chocolate Hokkaido Chiffon Cupcakes..huuuu panjang benerr judulnya yaa..hehe..
Tidak pernah dengar ataupun makan cupcakes beginian..so ketika mbDida mengumumkan pr LBT bulan ini adalah hokkaido chiffon cupcakes..langsung gogling..gogling..n waowww ternyata rame banget blogger-blogger yang udah membuat cupcakes ini. Jadi hokkaido chiffon cupcakes itu adalah cupcakes yang basenya chiffon cakes terus diisi whipcream ato suka-suka mau dikasi filing apa aja. Lanjut baca sana baca sini..akhirnya jatuhlah pilihan ke resep dari sini...
Selain karena ada foto step by stepnya sehingga lebih mudah niruinnya, bahannya juga simple n sdikit.maksutnya kalopun gagal ga akan nyesek kayak pas bikin pr lbt bulan kmaren itu..hihihi ..trus pilih yang coklat dong..biar cepet habis tuh stok coklat bubuk..:)



Untuk pr LBT akhir-akhir ini untungnya memberi batas waktu lebih panjang kepada membernya untuk nyetor hasil bakingannya, jadinya ada kesempatan untuk ngintip dulu karya temen-temen n yang lebih penting lagi bisa ngikuti "behind the story" nya. Misalnya aja cake akan menciut kalo buru-buru dikeluarin dari oven, juga kalo pake papercup yang ada lapisan plastiknya..oh my..aku punyanya yang model bgitu. Sempet jalan ke bake with me n consfood -itu tbk yang beken di KK- n disana ada papercup yang kertas n lucu-lucu berbentuk kotak..tapiii..sayangnya dijual dalam kemasan besar-besar..yang isinya 100 pieces gitu. Yahhh..habisnya kapan??..ogah ah numpukin harta karun lagi..hehe..
Akhirnya malah dapet ide bikin di ramekin aja..iya ya..cobain dulu di ramekin bisa gak..


Pagi ini ada sedikit waktu senggang sbelum antar jemput anak-anak ke skolah, aku mulai baking aja. Alhamdulilah ternyata lancarrr .. adonan yang kubuat pas pas jadi 3 ramekin 1 cup aja. Trus aku liat dalam oven, cake mumbul banget...cihuii deh. Tapi pas udah dingin ternyata tetep turun yaa..seperti di foto ini...hehe..ga tau salahnya dimana nih..


Berikut ini resep yang telah aku sdikit modif

Bahan untuk chiffon cupcakes
  • 3kuning telur
  • 20gr gula kastor
  • 35ml minyak sayur
  • 50ml susu segar putih/coklat
  • 60gr tepung trigu buat cake
  • 10gr coklat bubuk
  • 3putih telur
  • 25gr gula kastor
Cara membuat :
  1. Campur kuning telur dengan 20gr gula, kocok sampai berwarna pucat n mengembang, sisihkan
  2. Campur minyak dengan susu, sisihkan
  3. Campur tepung trigu dengan coklat bubuk, kemudian ayak rata, sisihkan
  4. Masukkan 1/3 campuran trigu ke dalam adonan telur kemudian aduk menggunakan whisk, perlahan sampai rata, kemudian masukkan 1/3 campuran susu. Aduk rata kembali
  5. Tambahkan 1/3 tepung, aduk rata, masukan 1/3 bahan cair lagi, demikian sampai habis
  6. Di bowl yang lain, kocok putih telur sampai mengembang, kemudian masukan sedikit-sedikit gula ke 2 dan teruskan mengocok sampai soft peak. Gunakan kecepatan medium.
  7. Ambil sedikit adonan kuning telur kemudian campur rata ke dalam putih telur dan tuang kembali ke adonan kuning telur, dan aduk balik menggunakan spatula. 
  8. Panaskan Oven pada suhu 180-190 C. 
  9. Bagi adonan ke dalam paper cups atau disini aku pakai ramekin
  10. Panggang slama 20-25menit. Biarkan sampai dingin
Bahan untuk filling :
  • 50gr bubuk whipcream
  • 5gr coklat bubuk
  • 1sachet skm
  • kurleb 100ml air dingin (air es)
Cara membuat :
  1. Campur bubuk whipcream dengan coklat bubuk sampai rata, masukkan air dan aduk rata lagi
  2. Kocok dengan kecepatan sedang sampai kembang kemudian masukkan skm, teruskan mengocok sampai terlihat ringan
  3. Aduk menggunakan spatula sbentar kemudian masukan piping bag dan siap digunakan sebagai filling
So..kalo udah siap smua..kita ambil cupcakes, dikeruk sdikit terus diisi filling..naaa inilah hokkaido chiffon cupcakes siap tayang..hehe. Bisa juga kayak penampakan kebanyakan hokkaido cupcakes, kita taburin  gula bubuk dulu sebelum dikasi filling.


Rasa cupcakesnya gimana sih nduk??..dengan mulut penuh si Vanya mesam mesem..wahh..enak ya nduk..dan acara pemotretan si model pun harus kejar-kejaran dengan kecepatannya makan..hihi..cepet banget terus langsung abis gitu..

Akhirnya thanks again buat kru Lbt yang slalu kreatif ngasi tantangan..jadi tau ada cupcakes jenis ini..trus ga lupa makasih juga buat yang punya resep ya. 
Nyam nyam..tekstur cake yang ringan, lembut dan ada filing yang ga eneg.. uwenakk pake bangettt..dipersambahkan untuk LBT23 bulan Maret ini.


3 comments:

Dida said...

yum...yummm....salam sayang buat foto modelnya yaaa...hehehe....

Sari said...

Salam.. mbak, saya sari, mau tanya, beli papercup kotak dimana ya mbak? saya nyari belum depet dapet :(
thanx ya mbak..

Unknown said...

salam kenal jeng sari. aku stay di malaysia lumayan mudah nyari papercup kotak. klo kamu di indo..bisa beli onlenshop, coba ke cik yuli ( fb nya yuli nur elia)