Saturday 22 December 2012

Gulung Kawung

I'm back..back to routine..n dapur ngebul lagi. Untuk warming up, nyoba ngerjain pr LBT 20.. lumayan telat tapi udah ijin mba Diah n dikasi kelonggaran waktu ngumpulin sampai aku balik dari mudik. Browsing resepnya udah dari jawa dulu n bookmarked beberapa blog yang kayaknya gampang banget diikuti ..maklum udah pengalaman gagal mulu dalam hal gulung menggulung. Pagi tadi abis beberes emang ga masak karena kulkas masih kosong alias belum ke pasar. Sambil nunggu Evanya pada bangun, aku nyoba baking deh.
Ngikut resep dari sini alhamdulillah lancarrrr...mulai dari bikin motif sampe slese proses ngegulungnya....hepi hepi..mungkin karena efek tangan n pikiran masih dingin n seger abis liburan..heheheh..


Tema pr LBT bulan ini adalah JRC aka Japanese Roll Cake, cake gulung yang dikasi motif lucu-lucu n terkenalnya dari Jepang. Tapi seperti biasa menghindari pewarna artificial..kali ini aku coba bikin motif batik aja..n nemu motif yang simple yaitu batik kawung. Motifnya dibuat dari coklat bubuk n putih telur..smoga diterima oleh ibu host yaa.. n masuk kategori JRC..deep pray..

I..Untuk motif batik
Bahan : 1putih telur
              20gr coklat bubuk
              30gr butter
              30gr gula halus
              30gr tepung trigu all purpose
Caranya smua dikocok jadi satu sampai lembut, kemudian masukan dalam piping bag dan semprotkan ke atas kertas roti sesuai motif yang diinginkan. Oya jangan lupa kertas rotinya di poles margarin dulu tipis-tipis mrata
Simpan di kulkas sambil kita menyiapkan adonan cake gulungnya

II. Untuk roll cake
Kita siapkan dulu ovennya di suhu 170C n pastikan benar-benar telah panas ktika mulai memanggang cake
Bahan : 4butir telur
             120gr APF (tepung serbaguna)
             120gr gula halus (seperti biasa aku pake stengah resep ajah)
             sejimpit garam
Kocok telur gula dan garam sampai kental, kemudian ayakkan tepung diatasnya dan aduk balik perlahan saja. Lakukan penambahan tepung secara bertahap.
Ambil adonan motif dari kulkas, tuangkan adonan roll cake diatasnya kemudian ratakan
Oven slama 10menit atau sampai matang
 
Kluarkan loyang dan biarkan uap berkurang, kemudian tempatkan cake diatas serbet kering yang bersih. Gulung sambil kelupas kertasnya..pada tahap ini alas kertas akan mudah dilepas, tapi lakukan perlahan supaya motif tidak rusak. Bungkus dengan kertas roti yang bersih dan kareti samping kanan kiri cake, masukan kulkas supaya nantinya mudah dipotong
 
Untuk fillingnya, isi sesuai selera mau pake ganache atau butter cream. Poles filling ketika cake sudah set sehingga gulungan tidak terlepas.
 
Menyenangkan skali bisa lancar ngerjain pr LBT20 ini..ga pake ngulang-ngulang n ga pake stress..hihihi..see ya  on next LBT's assessment..

 

No comments: